Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tutorial Membuat Toko Online Dengan CMS Opencart

Salah satu aplikasi toko online yang tersedia secara gratis dan cukup meyakinkan adalah Opencart. Dengan dukungan tampilan yang bagus dan kemudahan cara pengoperasian, Opencart bisa menjadi solusi anda dalam membuat toko online. Ketika pertama kali mencobanya, saya senang karena terasa mudah dan ringan. Meskipun demikian, bukan berarti aplikasi ini tidak handal. Opencart sudah memiliki extension yang cukup beragam, sehingga menjadikan aplikasi ini mudah dikembangkan.

Opencart juga cukup menjanjikan, karena memiliki beragam fitur, misalnya kategori produk yang tidak terbatas, lokalisasi untuk mata uang dan bahasa (sdh ada extension bahasa indonesia lho…), status stok, status order dan masih banyak lagi. Nah, pada pertemuan ini, saya ingin menunjukkan betapa mudahnya melakukan instalasi Opencart. Hanya dengan beberapa langkah mudah, anda sudah bisa memiliki toko online yang handal, flexible dan ringan.



Sebelum melangkah, berikut ini pemanasan yang harus dilakukan

Pastikan anda memiliki webserver dan database server pada komputer/laptop anda. Jika anda menggunakan XAMPP, anda sudah mendapat keduanya dengan sekali install.
Download aplikasi Opencart disini.
Langkah-langkah
1.Ekstrak file aplikasi Opencart, akan muncul folder Opencart yang didalamnya terdapat folder Upload.
2.Copykan folder Upload dan semua isinya ke folder public dari web server anda. Jika menggunakan
   XAMPP, copykan ke c:\xampp\htdocs.
3.Rename folder Upload yang sudah dicopy tersebut dengan nama yang mencerminkan nama toko anda
  (misalnya: toko_v-media).
4.Buka browser, lalu akses halaman instalasi dengan mengetikkan http://localhost/toko_v-media. sehingga
   muncul halaman seperti gambar berikut.


5.Beri centang pada tulisan I Agree, lalu klik Continue. Akan muncul halaman ke-2 berikut ini.

6.Halaman kedua menunjukkan status sistem anda disesuaikan dengan kebutuhan Opencart. Langsung saja
   klik Continue, sehingga muncul halaman ke-3 dibawah ini.

7.Disini anda harus mengisikan data-data konfigurasi database. Saya mengasumsikan anda sudah bisa
  membuat database sendiri di MySQL. Isikan user dan password MySQL anda dan nama database untuk
  aplikasi ini. Ingat, database sudah harus dibuat terlebih dahulu meskipun belum ada isinya. Dalam contoh
  diatas, saya telah membuat database kosong dengan nama db_opencart. Kemudian anda juga harus
  mengisikan username dan password untuk akses halaman administrasi jika toko online-nya nanti sudah jadi.


8.Ternyata sudah selesai alias finished. Selamat anda berhasil.
   Untuk melihat toko online anda, langsung saja klik Goto Your Online Store. Maka halaman toko online
   anda akan muncul dengan produk-produk dummy yang bisa anda ganti dan tambahkan sendiri nantinya.
   Seperti gambar dibawah ini.

   Selanjutnya, jika anda ingin melakukan administrasi toko anda, masukkan alamat Htpp://localhost/toko_v-
   media/admin, maka akan muncul halaman administrasi seperti dibawah ini.



  Halaman administrasi Opencart sangat lengkap dan lebih dari cukup untuk mengelola sebuah toko online
  kecil hingga menengah. Di bagian dashboard terdapat tampilan summary yang cukup bagus untuk
  memudahkan pemilik mengetahui total penjualan yang sudah berhasil dilakukan. Bagusnya lagi, ditunjang
  dengan tampilan grafik disebelahnya yang memudahkan pemilik dalam membaca tren penjualan di tokonya.
  Selain itu masih banyak lagi menu dalam bentuk hierarchical untuk mengelola toko anda yang bisa anda
  jajaki satu persatu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Enterprise dan Manajemen Global Teknologi Informasi (Chapter 12)

BAGIAN I
MENGELOLA TEKNOLOGI INFORMASI

            SI (Sistem Informasi) dan TI (Teknologi Informasi) merupakan faktor yang penting bagi perusahaan di seluruh dunia yang ingin mengubah dirinya menjadi power-house bisnis global dengan cara investasi besar dalam e-business, e-commerce, dan usaha TI lainnya yang global. Jadi terdapat kebutuhan nyata bagi para manajer bisnis dan praktisi bisnis untuk memahami bagaimana mengelola fungsi organisasi ang penting ini.
Teknologi informasi merupakan sumber daya bisnis penting yang harus dikelola dengan benar karena teknologi informasi memainkan peranan penting dalam memastikan keberhasilan atau memberikan kontribusi pada kegagalan usaha bisnis strategis perusahaan. Berikut ini merupakan salah satu pendekatan terkenal untuk mengelola teknologi informasi dalam perusahaan besar.
Pendekatan manajerial ini memiliki tiga komponen utama:
  1. Mengelola pengembangan dan implementasi bersama berbagai strategi bisnis.
  2. Mengelola pengembangan dan implementasi aplikasi dan teknologi bisnis/TI.
  3. Mengelola organisasi TI dan infrastruktur TI.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

TANTANGAN DALAM HAL ETIKA DAN KEAMANAN (Chapter 11)


     Keamanan Bisnis /TI, Etika, dan Sosial
Penggunaan teknologi informasi dalam bisnis memiliki dampak besar pada masyarakat dan akhirnya akan menimbulkan berbagai isu etika dalam hal kejahatan, privasi, individualitas, pemberian kerja, kesehatan, serta kondisi kerja. Akan tetapi, kita juga harus menyadari bahwa teknologi informasi memiliki hasil yang bermanfaat dan juga merusak pada masyarakat serta orang-orang di setiap area ini. Contohnya, mengkomputerisasikan proses produksi dapat memiliki pengaruh negatif dari adanya peniadaan pekerjaan manusia, tetapi juga memberi hasil yang bermanfaat dari peningkatan kondisi kerja dan dapat memproduksi produk dengan kualitas yang lebih tinggi dengan biaya lebih rendah.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Mengembangkan Bisnis / Solusi Teknologi Informasi (Chapter 10)

Tujuan Pembelajaran
1.     Gunakan proses pengembangan sistem diuraikan dalam bab ini dan model SI komponen untuk Bab 1 sebagai pemecahan masalah kerangka kerja untuk membantu Anda mengusulkan sistem informasi solusi untuk masalah bisnis sederhana.
2.    Jelaskan dan berikan contoh untuk menggambarkan bagaimana Anda dapat menggunakan setiap langkah dari siklus pengembangan sistem informasi untuk mengembangkan dan mengimplementasikan sistem informasi bisnis.
3.    Jelaskan Bagaimana prototyping bisa digunakan sebagai teknik yang efektif untuk meningkatkan proses pengembangan sistem untuk end user dan SI spesialis.
Pendekatan Sistem
·         Sebuah teknik pemecahan masalah yang menggunakan orientasi sistem untuk mendefinisikan masalah dan peluang dan mengembangkan solusi yang tepat dan layak.
·         Menganalisis masalah dan merumuskan solusi melibatkan kegiatan yang saling terkait sebagai berikut:
1.     Mengenali dan mendefinisikan masalah atau peluang menggunakan sistem berpikir.
2.    Mengembangkan dan mengevaluasi solusi alternatif sistem.
3.    Pilih solusi sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
4.    Desain solusi sistem yang dipilih.
5.    Melaksanakan dan mengevaluasi keberhasilan sistem yang dirancang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN (Chapter 9)

Sistem penunjang keputusan adalah suatu sistem yang berbasis komputer yang ditujukan untuk membantu pengambil keputusan dengan memanfaatkan data dan model tertentu untuk memecahkan berbagai persoalan yang tidak terstruktur.Istilah SPK mengacu pada suatu sistem yang memanfaatkan dukungan komputer dalam proses pengambilan keputusan.

 Enterprise Resources Planning (ERP)

 ERP adalah Sistem Perencanaan Sumber Daya Perusahaan adalah aplikasi perangkat lunak komputer yang terintegrasi dan menyeluruh.
Secara arsitektural dikembangkan berdasarkan modul-modul fungsional yang meliputi seluruh aspek sumber daya di dalam sebuah perusahaan/organisasi.
Secara historis, ERP berasal dari metamorfosis dari MRP (Manufacturing Resources Planning) yang diarahkan untuk kelompok usaha manufaktur.
Seiring dengan perkembangan teknologi, manajerial dan bisnis maka MRP pun berubah menjadi ERP. Istilah ERP sendiri diperkenalkan pertama kali oleh Gartner Group.
ERP berfungsi memadukan berbagai sistem informasi yang tersebar di masing-masing departemen (unit fungsional) di sebuah lembaga.
Dengan adanya sistem yang terpadu tersebut maka masing-masing unit fungsional dalam lembaga tersebut dapat saling berbagi data dan informasi yang pada akhirnya meningkatkan sinergi antar elemen di perusahaan yang menerapkannya.

 penerapan ERP di PLN

bentuk riil PLN dari rencana ERP adalah mengembangkan IT secara bertahap ditubuh PLN, seperti membangun sistem informasi secara on-line menghubungkan kantor pusat dan kantor cabang yang centralized serta membangun sistem jaringan yang handal untuk mendukung pembangunan Sistem tersebut.

Pada tahap awal penerapan ERP, PLN menerapkan di tiga bidang yaitu: divisi keuangan, divisi logistik dan divisi sumberdaya manusia. Ujicoba Pilot project dilakukan di kantor PLN distribusi Jakarta Raya & Tangerang, distribusi Bali, dan kantor Penyaluran dan Pusat Pengaturan Beban Jawa-Bali.

Dengan pertimbangan khusus, PLN memilih SAP sebagai paket perangkat lunak ERP, dan bekerja sama dengan Accenture sebagai perusahaan konsultan penerapan ERP. Bisnis Proses PLN yang sangat spesifik dan berbeda dari perusahaan listrik di dunia yang lain, maka beberapa modul pada sistem ERP perlu di sesuaikan dengan kebutuhan dari PLN itu sendiri.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

SISTEM PERDAGANGAN ELEKTRONIK ( e commerce )

SISTEM PERDAGANGAN ELEKTRONIK
1. Dasar perdagangan elektronik
a. Pengertian E- commerce
Secara umum e-commerce dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik.
Beberapa pengertian menurut para ahli tentang E- commerce :
- Menurut Robert E. Johnson, III (http://www.cimcor.com), e-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama.
- Menurut Gary Coulter dan John Buddiemeir (e-commerce outline) , e-commerce berhubungan dengan penjualan, periklanan, pemesanan produk yang semuanya dikerjakan melalui internet.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS