Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Dasar - Dasar Sistem Informasi dalam Bisnis (Chapter 1)

Definisi Sistem Informasi Bisnis
   Sistem yang melayani transaksi-transaksi bisnis yang terjadi di tingkat bawah(operasional) organisasi. 
Data data dari manajemen operasional dikumpulkan dan diolah sehingga menjadi informasi yang berguna bagi semuanya.
System informasi di fungsi-fungsi organisasi memanfaatkan basis data untuk membuat laporan-laporan yang dibutuhkan disemua tingkatan manajemen.

Kerangka System Informasi Bisnis
  Terdiri dari konsep dasar Sistem Informasi Bisnis, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Si-Bis untuk Keunggulan kompetitif, Perencanaan Si-Bis, dan Tantangan & Peluang TI.
Berikut ini penjelasannya :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
        Adalah Teknologi yang memanfaatkan Teknologi computer,Internet, dan teknologi komunikasi yang dapat memberikan nilai tambah pada kegiatan dan operasional organisasi atau perusahaan.
Sistem Informasi Bisnis untuk Keunggulan Bersaing
      Si-Bis dapat diterapkan di internal atau eksternal organisasi.  Di internal organisasi, Si-Bis diterapkan pada fungsi organisasi dan di tingkat manajemen. Di eksternal organisasi bertujuan untuk menjangkau pihak eksternal perusahaan agar lebih efektif. Pihak eksternal bisa berupa organisasi lainnya(untuk EDI) atau pemakai individu termasuk konsumen perusahaan.

Sistem Pendukung Manajemen terdiri dari:
  • Sistem Informasi Manajemen. Sistem yang dipakai oleh manajemen untuk mengelola informasi atau bahkan mengelola sistem informasi yang ada di dalam organisasi.
  • Sistem Pendukung Keputusan. Sistem yang dipakai oleh manajemen untuk membantu didalam pengambilan keputusan atas masalah-masalah yang terstruktur. Biasanya dapat menggunakan metode analisis What-If.
  • Sistem Informasi Eksekutif. Sistem yang mengintegrasikan informasi internal dan eksternal organisasi untuk dapat dilihat dan dianalisis oleh eksekutif perusahaan. Misalnya, untuk melakukan peramalan penjualan atau bahkan peramalan demand.
Sistem Informasi Lainnya
  • Sistem Ahli. Sistem yang mampu menyediakan hasil analisis ahli (keuangan, hukum, pasar,pajak, dll) untuk suatu pengambilan keputusan.
  • Sistem Manajemen Pengetahuan. Sistem yang mendukung penyimpanan, pembuatan, serta pendistribusian pengetahuan di dalam organisasi.
  • Sistem Bisnis Fungsional. Sistem yang terfokus pada kegiatan oleh satu jenis fungsi.
  • Sistem Informasi Strategis. Sistem yang mendukung operasi serta manajemen organisasiuntuk pencapaian keunggulan kompetitif atas produk, jasa, maupun kemampuannya.
Perencanaan Sistem Informasi Bisnis
        Perencanaan Si-Bis dapat dikembangkan dengan mtode SDLC atau metode alternative. Metode perencanaan denan SDLC dapat menghasilkan system yang berkualitas, tetapi membutuhkan waktu pengembangan yang lama. Untuk aplikasi yang harus segera dioperasikan, metode ini kurang tepat.
Metode pengembangan alternative merupakan pembelian paket aplikasi, prototype(prototype yang kecil dikembangkan terlebih dahulu dan ditingkatkan terus menerus samapai prototype selesai dikembangkan), End user computing(EUC) dikembangkan oleh pemakai system, Outsourching dikembangkan dan dioperasikan pihak ketiga.
Tantangan dan peluang TI
       Adalah pengelolaan etika dalam implementasi TI dan pengelolaan politik TI. Untuk implementasi TI dan perubahan, tidak akan semua level organisasi dapat menerimanya dalam waktu yang cepat dan banyak tantangan yang dihadapi. Namun setelah semua komponen system menerimanya, barulah memnafaatkan Si-Bis untuk keunggulan kompetitif dalam bisnis. Pengendalian merupakan salah satu komponen Si-Bis sehingga perlu dikelola dengan baik agar menghasilkan output yang akurat.

   maka dari itu dengan adanya konsep sistem informasi bisnis, bisa memudahkan para pelaku bisnis untuk lebih berkembang secara lebih lagi dan bisa menentukan langkah apa yang akan diambil agar para pelaku bisnis bisa lebih optimal lagi dalam melayani transaksi yg terjadi di masyarakat seperti definisi sistem informasi bisnis itu sendiri.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar